skip to Main Content

TRADISI SENI MAEN BOLA LEUNGEUN SEUNEU (BOLES)

TRADISI SENI MAEN BOLA LEUNGEUN SEUNEU (BOLES)

Seni Maen Bola Leungeun Seuneu (BOLES) berangkat dari Seni Budaya Nyonyoo Seuneu abad ke XIII – XV Masehi pada masa Kerajaan Padjadjaran. Kesenian tersebut tercatat pada Kitab Suwasit Museum Prabu Siliwangi yang berada di Komplek Pesantren Dzikir Al Fath Kota Sukabumi. Seni Maen Bola Leungeun Seuneu (BOLES) ini pada zaman Kerajaan Padjadjaraan dipertunjukan untuk acara-acara penyambutan kedatangan Raja dan upacara-upacara kebesaran dari Kerajaan Padjadjaran yang menonjolkan unsur Seni dan Olahraga.

“Permainan Tradisional Maen Bola Leungeun Seuneu (BOLES)”

Seni Main Bola Leungeun Seuneu (BOLES) adalah adanya gerakan pencak silat dalam mengawali dan mengakhiri pertunjukan Seni Maen Boles tersebut. Unsur Olahraga pada Seni Maen Bola Leungeun Seuneu (BOLES) adalah adanya kekuatan Fisik dan Kanuragan.

Pada masa kerajaan padjadjaran, Seni Maen Bola Leungeun Seuneu (BOLES) berasal dari Permainan Maung Bodas yang suka memainkan Bola Api atau Nyonyoo Bola Seuneu. Bola tersebut dibuat dari kelapa yang sudah tua kemudian dikupas kulitnya dan dibentuk menyerupai bola lalu direndam didalam minyak tanah selama kurang lebih satu hari satu malam sampai minyak tersebut meresap kedalam bola yang terbuat dari kelapa, sehingga pada waktu dibakar bola tersebut mengeluarkan Api yang besar.

Seni Maen Bola Leungeun Seuneu (BOLES) dikembangkan oleh Museum Prabu Siliwangi dan Perguruan Silat Maung Bodas yang dipimpin oleh Prof. DR. KH. Rd. Adpt. Muhammad Fajar Laksana bersama dengan IPSI Kota Sukabumi yang selanjutnya dijadikan Seni pertunjukan yang dipertandingkan dan menjadi Icon Kota Sukabumi serta dipertandingkan pada Pekan Olahraga Kota Sukabumi.

Bola Leungeun Seuneu (BOLES) telah ditampilkan pada acara-acara seperti Peresmian Kantor, Syukuran Pengangkatan Pimpinan, Syukuran Sunatan, Perkawinan, Seni Heleran, Festival Budaya, Peringatan Hari-Hari Besar, Pertandingan Adu Lisung dan telah memberikan prestasi pada bidang Olahraga Tradisional Untuk Kota Sukabumi baik tingkat Kota, Kabupaten, bahkan sampai tingkat Nasional.

 

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top