skip to Main Content

Situ Gunung

Pesona Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung destinasi wisata alam unggulan di Sukabumi, berlokasi di Kecamatan Kadudampit dan berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sukabumi ini menjadi destinasi yang diburu semua kalangan usia.  Keindahan Alamnya dan sejuknya di kaki Gunung Gede Pangrango ini menjadi daya tarik untuk wisatawan berlibur ditanah Sukabumi. dikawasan ini  terdapat objek daya tarik wisata(ODTW). Salah Satunya Danau Situ Gunung, Air Terjun/Curug Sawer, Jembatan Gantung Situ Gunung, Glamour Camping (Glamping) dan banyak lainnya. Danau Buatan ini sudah lama menjadi daya tarik wisata. keindahan dipagi hari menjadi buruan  bagi masyarakat dan bagi fotografer dari berbagai negara. waktu yang cocok untuk ke danau ini  yakni dipagi hari pukul enam sampai jam delapan. Terdapat juga perahu kecil yang tersedia untuk wisatawan yang ingin mengelilingi  danau tersebut.

Selain Danau, Terdapat Juga Air Terjun / Curug Sawer  Objek wisata ini ramai diminati oleh para wisatawan.  air yang langsung dari kaki gunung Gede Pangrango ini memberikan kesejukan bagi pengunjung. namun di lokasi tersebut tidak diperbolehkan berenang, jika ingin bermain air bisa di aliran sungai yang turun dari air terjun tersebut. terdapat juga permainan  river tubing dilokasi ini. untuk akses menuju  air terjun ini kita  harus berjalan kaki  dan melewati jembatan gantung.

Jembatan Gantung Situ Gunung

Jembatan gantung yang memliki panjang 243 meter ini, menjadi daya tarik baru setelah 2019 diresmikan dan dibuka untuk umum. jembatan yang mempercepat jarak akses  menuju air terjun ini menjadi daya tarik karena memberikan pemandangan  yang indah saat melewati jembatan yang diklaim terpanjang se-asia tenggara ini. kawasan ini buka mulai jam tujuh hingga jam lima sore tapi jika ada libur panjang biasanya pengelola akan memberikan update terbaru untuk jam operasional.

 

Satwa Liar

ditempat kaki gunung  dan hutan tropis ini terdapat satwa liar yang hidup. diantara  satwa hidup kawasan ini  yang mudah ditemukan yakni lutung jawa, lutung jawa ini bisa ditemukan sekitaran kawasan ini. namun ada peraturan yang  harus kita patuhi, wisatawan tidak diperbolehkan memberikan makananan apapun kepada satwa yang hidup disini. Selain Lutung jawa,kawasan ini habitat untuk hidup seperti elang jawa,tupai, macan dan satwa lainnya.

Penginapan

Beberapa Pilihan Penginapan tersaji disepanjang jalan menuju kawasan tersebut. Sepanjang jalan kita akan menemukan vila dan homestay. Namun terdapat juga tempat penginapan yang sedang trend yakni glamping atau yang disebut glamour camping.

Menuju Situ Gunung.

Menuju Situ gunung,terdapat beberapa akses kendaraan umum yang bisa digunakan. dari DKI Jakarta atau Bogor masyarakat bisa menggunakan  Kereta Api  Pangrango dari Bogor menuju Sukabumi dengan turun di statsiun Cisaat. Selain itu dapat juga menggunakan Bis yang harus turun persimpangan Jalan Lingkar Selatan. jika dari Bandar Udara Soekarno Hatta Wisatawan bisa turun di Alun-Alun Cisaat. Setelah dari sana dapat menggunakan angkutan umum namun disarankan untuk menggunakan angkutan berbasis dalam jaringan seperti Gojek atau Grab.

Tiket Masuk

Tiket masuk, kawasan Situ Gunung  yakni 16.500  untuk weekend 18.500. terdapat tiket tambahan jika akan memasuki kawasan jembatan gantung Situgunung  dan air terjun mulai dari 50.000 hingga 150.000

 

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top